ZeroX017

Hadapi masalah dengan cara Algoritma Pemograman

"Hidup adalah masalah". Saya rasa ungkapan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahwa hidup adalah rangkaian "mas...

"Hidup adalah masalah". Saya rasa ungkapan tersebut sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahwa hidup adalah rangkaian "masalah" yang mau tidak mau harus kita hadapi dan selesaikan. Menanggapi ungkapan di atas, sudahkah kita benar-benar berpikir tak hanya sekedar menganggap sebuah ungkapan belaka? Berpikir bagaimana cara dan proses penyelesaian masalah yg mungkin menghampiri kehidupan kita? Tak dapat dipungkiri, terkadang hanya kata "bingung, bingung dan bingung" harus mulai dari mana untuk lepas dan menyelsaikan permasalahan yang datang dalam kehidupan kita.

Coba terapkan "algoritma pemrograman komputer" pada kehidupan kita dalam menanggapi, menyelesaikan sebuah permasalahan, atau dalam hal meraih cita-cita yang kita impikan.

DEFINISI ALGORITMA PEMROGRAMAN
Untuk dapat memahami lebih dalam tentang algoritma pemorgraman, tentunya dibutuhkan moment khusus dan pada tingkatan yang khusus pula. Karena algoritma bukanlah materi yang dapat dimengerti dan difahami hanya dengan membaca saja, tetapi harus dengan praktek dan pengwasan khusus orang yang ahli dalam bidang tersebut. Dalam dunia pendidikan tingkat tinggi, khusunya fakultas teknik dan ilmu komputer, algoritma menjadi mata kuliah fundamental bagi para calon programer.

Akan tetapi di sini saya akan mencoba memberikan pengertian atau definisi sederhana, dengan penuh harapan kita dapat memahaminya dengan mudah dan tentunya bisa diimplementasikan pada kehidupan kita semua.

ALGORITMA ADALAH
Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik untuk menghitung sebuah fungsi. Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong), instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran" (output) dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritma, dikenal dengan algoritma pengacakan, menggunakan masukan acak. (Wikipedia).

ALGORITMA ADALAH :
1. Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah
2. Urutan logis pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah
urutan langkah logis, berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu, tidak boleh melompat-lompat.
3. Alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis.
alur pikiran, yang artinya algoritma seseorang dapat berbeda dari algoritma orang lain.
tertulis, yang artinya dapat berupa kalimat, gambar, atau tabel tertentu.
4. Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam komputasi numeris. Tanpa algoritma yang dirancang baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.
Algoritma di butuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu untuk menyelesaikan masalah .

Contoh Algoritma :
Sebuah prosedur ketika akan mengirimkan surat kepada teman:

1. Tulis surat pada secarik kertas surat.
2. Ambil sampul surat atau amplop.
3. Masukkan surat ke dalam amplop.
4. Tutup amplop surat dengan lem perekat.
5. Tulis alamat surat yg dituju, jika tdk ingat, lebih dahulu ambil buku alamat & cari alamat yg dituju, lalu tulis alamat tsb pd amplop surat.
6. Tempelkan perangko pada amplop surat.
7. Bawa surat ke kantor pos utk diserahkan pd pegawai pos atau menuju ke bis surat untuk memasukkan surat ke dlm kotak/bis surat.

Dari pemaparan definisi sederhana algoritma di atas, semoga kita mulai memahami apa itu algoritma. dan sekarang coba kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Quote:
KETIKA KITA MENDAPATKAN MASALAH, ATAU KETIKA KITA MEMPUNYAI SEBUAH IMPIAN DAN INGIN MERAIHNYA.
Karena algoritma adalah urutan prosedur (definisi informal), maka cobalah urutkan hal apa saja yang harus kita siapkan dalam penyelesaian sebuah masalah atau meraih sebuah impian.
menurut saya, yang pertama harus kita lakukan adalah "introspeksi diri". Betapa pentingnya introspeksi, menganalisa sebelum bertindak. Karena segala sesuatu dimulai dari diri kita sendiri gan. Jangan lantas menyalahkan ini itu dan lain sebagainya, sementara kita tidak sadar apa yang telah kita lalukan dengan akibatnya.

Ketika kita dihampiri sebuah masalah, berpikirlah..! Mulai menyusun prosedur dan strategi untuk lepas dan menyelesaikannya. Jangan mau dikuasai oleh kata "bingung" dan ujungnya kita pasrah tak berdaya dengan masalah yang menghampiri kita. Jangan larut dalam kebingungan dirundung masalah, karena pada dasarnya hidup adalah "masalah", tapi bukan berarti kita kalah lantas menyerah. Masi banyak jalan menuju roma. Jika kita mau move on dan yakin, akan selalu ada jalan untuk menyelesaikannya. 

Ketika kita mempunyai sebuah impian, bergeraklah raih impian-impian itu dengan segala urutan strategi yang kita sudah persiapkan. Jangan hanya diam dan berangan-angan sementara hanya duduk manis tanpa ada aksi. Termasuk meraih cinta sejati impian kita semua.

Related

Lifestyles 3500834423229631407

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Hot in week

Recent

Comments

Side Ads

item